Optimalisasi Koperasi dan UKM

No Comments
Optimalisasi Koperasi dan UKM
Kita patut bersyukur betapa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Jumlah penduduk usia muda yang mencapai 70% dari populasi, ini merupakan potensi besar bagi Indonesia untuk dapat mendorong bangsa ke arah kemajuan.
Jika dibandingkan dengan China yang sama-sama memiliki komposisi penduduk usia muda, dengan sumber daya alam Indonesia yang jauh lebih besar seharusnya ekonomi Indonesia berada di atasnya. Koperasi dan UKM memiliki peran strategis dalam mengembangkan perekonomian Indonesia. Selain mampu membangun dan mengembangkan potensi kemampuan ekonomi, UKM memiliki daya tahan yang baik terhadap krisis dan mampu mengurangi kemiskinan.

Pun Kumorotomo menyatakan upaya pemberdayaan koperasi dan UKM merupakan bagian urgen dari upaya mewujudkan bangsa yang berdaya saing serta menciptakan pembangunan yang merata nan adil. Baik koperasi maupun UKM sama-sama memiliki kendala. Ruang lingkup, anggota, modal yang kecil serta kemampuan manajerial yang terbatas menjadikan peranan koperasi dan UKM dalam kancah perekonomian terhambat.

Hal itu dapat diatasi. Langkah pertama dalam upaya mengonversi kelemahan menjadi kekuatanadalahdenganmengubah asumsi sejumlah kelemahan menjadi sumber potensi besar. Dengan berpola pikir positif maka kelemahan seperti apapun akan dapat diupayakan untuk diselesaikan. Kemudian juga perlu ada transfer teknologi dan pengetahuan untuk mengatasi masalah keterbelakangan teknologi dan minimnya kualitas sumber daya pelaku koperasi dan UKM.

Permodalan koperasi dan UKM juga terkendala. Tercatat 20% dari 194.000 koperasi di Indonesia mengalami permasalahan modal. Akibatnya sekitar 38.800 koperasi harus gulung tikar. Kerja sama pemerintah dengan berbagai bank dalam penyediaan kredit modal perlu ada untuk
mengatasi hal ini. Saya yakin, dengan fokus pada koperasi dan UKM ekonomi Indonesia akan lebih optimal. Juga pemerintah harus menghasilkan kebijakan yang baik dan konsisten untuk mendorong koperasi dan UKM. ●
AHMAD SYAFII 

www.koran-sindo.com/node/328050

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment