Ini Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

No Comments
Bulan Ramadhan adalah bulan berpuasa bagi kaum muslim. Selama 14 jam berpuasa tubuh tidak memperoleh asupan makanan ataupun cairan. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan pola tidur dan pola makan agar tetap bisa menjalankan puasa dengan baik dan kamu Anda bisa mengikuti tips tetap sehat selama puasa ramadhan ini. 
Berikut ini tips-tips agar tetap sehat selama puasa Ramadhan yang admin kutip dari About. 

Satu: Konsultasi Kesehatan Anda ke Dokter. Ya sebaiknya sebelum memulai berpuasa, Anda perlu berkonsultasi tentang kesehatan Anda kepada dokter. Tips tetap sehat selama puasa ramadhan menganjurkan agar Anda menanyakan bagaimana mengatur pola makan, waktu yang tepat untuk minum obat atau vitamin, juga jenis olahraga apa yang isa dilakukan selama puasa.
Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

Dua: Sahur Itu Penting. Sahur memiliki peranan yang sangat penting, menu yang dimakan saat sahur juga akan mempengaruhi kerja tubuh selama seharian. Maka dari itu konsumsilah makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti jagung, ubi, singkong, nasi merah, oatmil, dan roti gandum karena karbohidrat kompleks ini akan membantu Anda menahan kenyang lebih dari 6 jam. Bantu stamina anda selama berpuasa dengan mengonsumsi protein, sayur, buah dan air putih yang cukup. 

Tiga: Hindari Makanan Berminyak. Mengapa anda harus menghindari makanan berminyak? Karena makanan jenis ini akan membuat sel darah merah dalam tubuh menggumpal, lalu menyebabkan aliran oksigen berkurang sampai 20 persen. Efeknya Anda akan mengantuk saat siang hari. 

Empat: Berteduh saat Udara Panas dan Terik. Berteduhlah di ruangan yang dingin atau tempat yang teduh saat udara panas dan terik. Mengurangi aktivitas fisik agar tak cepat lelah juga termasuk tips tetap sehat selama puasa ramadhan. 

Lima: Berbuka Secukupnya. Ketika tiba saat berbuka puasa, Anda cukup memulai makan secukupnya. Makan secara langsung dalam porsi banyak akan membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim pencernaan berkurang. Para ahli kesehatan menganjurkan supaya makan secara bertahan, memulai dengan beberapa teguk air putih, sedikit makanan manis, lalu selang setengah atau satu jam baru makan besar. 

Enam: Jangan keliru soal 'Berbuka Dengan Yang Manis'. Memang baik mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka puasa karena untk memulihkan energi. Tapi yang keliru adalah mengonsumsi makanan atau minuman manis dalam porsi besar, apalagi yang terbuat dari gula. 

Tujuh: Hindari Malam Terlalu Banyak Untuk Cegah Obesitas. Hindari juga meminum soda dan kopi yang akan mengakibatkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Gantilah kedua minuman tersebut dengan jus buah dan air mineral. 

Delapan: Olahraga Ringan Pada Malam Hari. Lakukan olahraga ringan saat malam hari semisal jalan kaki 15 atau 20 menit setelah makan malam. 

Sembilan: Atur Pola Tidur. Selain mengatur pola makan, penting juga untuk mengatur pola tidur. Bukan karena tidak makan dan minum yang membuat Anda mengantuk di siang hari saat puasa, melainkan karena Anda tak punya waktu tidur yang cukup. Mempersiapkan makan sahur mengharuskan Anda untuk bangun lebih awal, maka dari itu hindarilah begadang. Seperti pesan Bang Haji Rhoma, "Begadang boleh saja, kalau ada perlunya."
Tips tetap sehat selama puasa ramadhan yang terakhir, jika tidur malam tidak cukup, tidurlah 20-30 menit di siang hari akan menjadi power-nap untuk Anda. Tidur siang ini meski singkat tapi sangat berkualitas dan akan memulihkan energi Anda. 
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment