Mengenal Afi Nihaya Bocah Viral Karena Status Inspiratif

No Comments
Afi Nihaya Faradisa adalah nama akun facebook yang baru-baru ini viral dan menghebohkan jagad dunia maya karena status berjudul "warisan". Dia adalah gadis SMA berumur 18 tahun asal Banyuwangi. Dalam tulisannya, AFI menyoal tentang keberagaman.
Status Afi Nihaya Faradisa yang viral di Facebook

Berikut ini tulisan-tulisan Afi berudul "warisan" viral itu:

"Saya tidak bisa memilih dari mana saya akan lahir dan di mana saya akan tinggal setelah dilahirkan. Kewarganegaraan saya warisan, nama saya warisan, dan agama saya juga warisan."

"Untungnya, saya belum pernah bersitegang dengan orang-orang yang memiliki warisan berbeda-beda karena saya tahu bahwa mereka juga tidak bisa memilih apa yang akan mereka terima sebagai warisan dari orangtua dan negara."

"Suatu hari di masa depan, kita akan menceritakan pada anak cucu kita betapa negara ini nyaris tercerai-berai bukan karena bom, senjata, peluru, atau rudal, tapi karena orang-orangnya saling mengunggulkan bahkan meributkan warisan masing-masing di media sosial."

"Ketika negara lain sudah pergi ke bulan atau merancang teknologi yang memajukan peradaban, kita masih sibuk meributkan soal warisan."

"Kita tidak harus berpikiran sama, tapi marilah kita sama-sama berpikir."

Dengan status yang sudah dibagikan 28 ribu kali, 5 ribuan komentar, dan 47 ribu likes akun milik Afi menjadi tidak bisa diakses. Karena statusnya yang viral tersebut, Afi banyak diundang oleh beberapa pihak termasuk Pemerintah Daerah setempat. Kepada Bupati Banyuwangi, Afi banyak berkomentar tentang Radikalisme dan supaya generasi muda lebih diperhatikan. Bupati Anas menilai Afi telah menjadi inspirasi bagi para pelajar lainnya, bahkan dia menawarkan beasiswa Banyuwangi Cerdas kepadanya.

Siapa nama Asli Afi Sebenarnya?
Afi sesungguhnya adalah nama anagram/alias. Afi : (A)sa (F)irda (I)nayah, Nihaya : Inayah, Faradisa : Firdaasa.Afi berujar kalau dia menggunakan nama anonim karena baginya yang penting adalah tersampainya pesan kebaikan sebanyak-banyaknya kepada pembaca.

Lagi, Afi dihadapan para wartawan berkata kalau dia hanyalah perempuan biasa yang lahir di Banyuwangi 23 Juli 1998. Selain pujian, karena status viralnya Afi juga menerima ancaman dan bully-an baik melalui komentar maupun pesan pribadi. Afi memilih untuk tidak menanggapi komentar negatif. Afi bilang sudah siap dengan segala konsekuensi dari dari kekritisannya di medsos tersebut.

Netizen menanggapi status ini dengan berbagai penilaian, banyak yang menilai positif, inspiratif tapi juga banyak yang menilai dengan sudut pandang negatif.
Lalu, menurut kalian apakah status Facebook Afi ini terlalu kritis?


Source: Kompas & Tribun
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment